Gerai pertama Kopra Mart resmi dibuka Sabtu, 30 Oktober 2020 di Klatak, Doplang. Klatak dipilih sebagai lokasi pertama karena merupakan tanah kelahiran penggagas Kopra Mart sekaligus Ketua Umum Kopra, Hadi Soeharto.

Dibawah naungan Koperasi Kopranesia Niaga yang berbasis digital, Hadi ingin membangun jaringan retail dan grosir Kopra Mart di seluruh kecamatan di Blora. Hadi optimis bisa bersaing dengan jaringan waralaba nasional yang menjamur di Blora.

“Kopra Mart siap bersaing dengan waralaba yang telah ada dan menjamur di Blora, dengan berbasis kerjasama dan gotong royong. Mari kita galakkan ekonomi kerakyatan melalui Koperasi, Kopra Mart siap bekerjasama dengan warung – warung kecil, karena harga kami adalah harga grosir, dan siap kami antar sampai tujuan, harga kami 3 – 5% lebih murah,” katanya saat memberikan sambutan pembukaan gerai pertama Kopra Mart Sabtu (30/10).

Hadi Suharto mengungkapkan bahwa Kopra ingin membangun Blora agar lebih maju dan memberikan kesejahteraan kepada warga masyarakat. “Koperasi Kopranesia Niaga memiliki anggota sekitar 30.000 orang di seluruh Indonesia, bahkan di Luar Negeri, ini adalah aset modal yang luar biasa, bila kita mampu mengelolanya, oleh karena itu, kami menggagasnya dalam bentuk usaha bersama yaitu Koperasi Kopranesia Niaga, dengan simpanan wajib dan simpanan pokok sebesar Rp 30.000,- per anggota setiap bulan, terkumpul dana Rp. 9 Milyar, ini untuk bisnis sangat luar biasa besar, dan jaringan retail dan grosir milik Kopra Mart sudah tersebar di Jakarta dan Jawa Barat, justru di Blora baru kita resmikan hari ini,” paparnya.

Kopra Mart juga siap menampung dan membeli produk – produk UMKM lokal dan hasil pertanian warga, misal beras, sayuran dan buah – buah holtikultura dari petani Blora. Di samping itu juga memberdayakan tenaga kerja sekitar yang telah lulus sekolah.

“Kopra Mart ini akan kami kembangkan terus di setiap Kecamatan paling tidak ada 1 Kopra Mart di tiap Kecamatan, dari Kopra Mart itu nantinya juga akan menampung dan menyalurkan produk – produk UMKM lokal, serta hasil pertanian dan holtikultura, untuk kami pasarkan di seluruh jaringan kami, jadi Kopra Mart kami bangun, bukan menyaingi warung – warung kecil yang ada, justru kami membantu mereka, mendapatkan harga murah, dan diantar langsung, untuk itu kami merekrut karyawan – karyawan muda, yang baru lulus dari sekolah, agar bisa bekerja membantu perekonomian keluarga,” ungkapnya.

Hadi menargetkan ada minimal 16 gerai di masing-masing kecamatan di Blora. Sehingga pembukaan gerai Kopra Mart dapat menyerap 100 tenaga kerja dari anggota Kopra yang tersebar di seluruh wilayah Blora.

“Berikutnya nanti akan membuka di Randublatung dan Kunduran. Kita akan menggandeng anggota Kopra di seluruh wilayah Blora, kalau ada yang punya lahan kita akan sewa sistemnya kerjasama. Kita siap suplai barangnya, full support kerjasama dengan investor,” jelasnya.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *